Selasa, 23 Februari 2016

Post Rock

“Apa itu Post-Rock ?”

Post-Rock merupakan kebebasan pasti dalam bermusik, mengabaikan keusangan struktur dari sebuah komposisi, sebuah konservatif yang mendekati musik Rock oleh karena terganggunya ide ide lama.
Post-Rock bagaikan menenggak udara bebas dan baru dalam bermusik, karena pada awal tahun 90an, sebuah musik Rock seakan bisa dipastikan mati. Tapi Post-Rock membuktikan bahwa Reinkarnasi merupakan sesuatu yang sangat mungkin bahkan dalam bermusik. Tapi terlepas dari fakta ini kebebasan dalam bermusik sangat terbatas. Dan apalagi dibatasi oleh musisi itu sendiri.

Karena itu, Post-Rock memiliki banyak tempat untuk beraksi, menuangkan segala kreatifitasnya, seolah dapat melakukan apapun, dengan campuran teknik dan gaya yang berbeda, dan dapat menciptakan sesuatu yang baru pada akhirnya
Post-Rock adalah sebuah komposisi unik dimana tidak ada refrains, verses atau monotony. Atau Verse-Chorus-Verse. Struktur dimana musisi bisa mengembangkan musik nya menjadi sesuatu yang berbeda, berkembang, di luar batas, namun dalam suatu jalur yang sama. Klimaks di akhir, atau di awal, nada gitar dan drum yang terus terusan berubah, atau nada gitar yang di ulang-ulang tidak menjadi masalah, karena begitu sulit untuk menentukan pola dari Post-Rock ini. Setiap musisi mempunyai ciri khas masing masing dalam menentukan pola musik mereka.
Tak terlepas dari eksperimen eskperimen tiap musisi untuk menggunakan instrument selain Bass, Drum, dan Gitar seperti Biola, Piano, Terompet atau Saxophones. Bagi beberapa musisi penggunaan instrument ini merupakan sebuah kelebihan dimana mereka bisa menciptakan keunikannya sendiri.
Sejarah
Seperti musik lain, Post-Rock memiliki perkembangan. Ada era Post-Rock, dan ada era setelah Post-Rock. Namun juga ada era sebelum Post-Rock. Era dimana musisi seperti Pink Floyd, Frank Zappra telah menciptakan eksperiment  dalam bermusik yang tidak biasa pada zamannya. Yang membuka mata para musisi di masa depan untuk menggunakan kemampuannya tanpa dibatasi dirinya sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar